Minggu, 26 Juni 2011

Karbon Monoksida bisa Sembuhkan Penyakit

Ternyata, gas CO yang selama ini kita kenal sebagai gas yang beracun ternyata gas ini masih mempunyai manfaat. Dalam penelitian awal yang dilakukan oleh para ilmuwan di Amerika, ditemukan adanya kemungkinan gas CO dalam dosis rendah bisa bermanfaat untuk mengatasi gangguan paru-paru. Dalam penelitian yang menggunakan tikus sebagai objek percobaannya, sejumlah tikus yang dibuat mengalami gangguan penyumbatan pembuluh darah paru-paru diberi karbon monoksida yang dihirup. Hasilnya 70 persen tikus dalam kelompok ekesperimen dapat bertahan hidup, sedangkan pada kelompok kontrol yang tidak mendapt gas CO hanya 10 persen yang bisa bertahan. Menurut para peneliti, pembekuan darah yang terjadi akibat terhambatnya aliran darah bisa mencair saat CO masuk.

Permen Karet Membantu Proses Pemulihan

Mengunyah permen karet ternyata dapat membantu proses pemulihan fungsi pencernaan para pasien yang baru menjalani operasi besar di bagian perut. Demikian hasil suatu studi yang dilakukan ilmuwan dari Jepang. Menurut penelitian tersebut, keluhan perut yang tidak nyaman, seperti mual serta muntah yang dialami para pasien yang baru menjalani operasi di bagian perut daapt teratasi dengan mengunyah permen karet sesudah operasi. Diduga, hal itu karena gerakan mengunyah permen karet dapat merangsang aktivitas usus.

Untuk meneliti manfaat tersebut sebanyak sepuluh pasien diminta mengunyah permen karet tiga kali sehari sejak pagi hari sesudah operasi hingga mereka dapat makan kembali. Dan, sembilan orang lainnya tidak diminta untuk mengunyah permen karet. Hasilnya, fungsi pencernaan mereka yang mengunyah permen karet pulih hanya dua hari setelah operasi, sedangkan kelompok lainnya baru pulih tiga hari setelah operasi.

Kamis, 23 Juni 2011

Adakah hubungan Permen Karet dan Kecerdasan ?

Kalau Anda mempunyai kebiasaan mengunyah permen karet, sebaiknya jangan ditinggalkan. Sebab, kebiasaan mengunyah permen karet itu ternyata merupakan hal baik. Salah satunya, dapat menjadikan seseorang lebih cerdas. Anda mungkin tidak percaya, tetapi hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan gabungan ahli asal University of Notthumbria dan Cognitive Research Unit. Para ahli tersebut menyatakan bahwa permen karet mempunyai pengaruh postif bagi bagi perkembangan pikiran, ingatan, serta fungsi kognitif.

Andrew Scholey, seorang peneliti, mengatakan bahwa pengunyah permen karet memilki detak jantung tiga kali lebih cepat dibanding orang yang tidak mengunyah permen karet. Jika jantung berdetak makin cepat, maka aliran oksigen dan glukosa ke otak akan semakin lancar. Hal inilah yang dapat menambah kemampuan kognitif. 

Sementara itu, peneliti dari Amerika berhasil menemukan manfaat lain dari mengunyah permen karet. Meraka menyatakan bahwa merka yang gemar mengunya permen karet rendah gula setiap hari akan mengalami pembakaran hampir 20-70 persen kalori. Selain itu, permen karet juga bermanfaat dalam menyehatkan gigi geligi. 





Rabu, 22 Juni 2011

Pakai Ponsel bisa kena Kanker ?

Mungkin ini adalah peringatan kecil bagi pengguna ponsel, tak terkecuali Anda, Saya , dan semuanya..

Sejak beberapa  tahun lalu dampak penggunaan telepon seluler menjadi kontroversi. Ada yang mengatakan bisa menjadi pemicu kanker, namun ada juga yang membantahnya. Beberapa bulan lalu, tim ilmuwan dari Danish Institute of Cancer Epidemiology di Kopenhagen, Denmark menyimpulkan, tak ada bukti bahwa menggunakan ponsel bisa memicu tumor dan kanker otak. Bantahan ini cukup keras gaungnya, meski jutaan pengguna telepon seluler sebetulnya tak selalu peduli akan hal tersebut. Keasyikan menelepon, kepraktisan benda dalam genggaman itu, serta ketergantungan yang kian tinggi membuat orang nyaris tak memikirkan dampak negatifnya. 

Tim ilmuwan tersebut menganalisis riwayat kesehatan 420 ribu pengguna ponsel sejak tahun 1982. Lebih dari 56 ribu responden yang diteliti setidaknya telah memakai ponsel tak kurang dari 10 tahun. Hasil akhirnya, sama sekali tak ada risiko terhadap tumor di otak, mata kelenjar ludah, atau kanker darah (leukemia). Hasil ini kemudian dipublikasikan dalam Journal of the National Cancer Institute.

---------------^^------------------------^^------------
Dari info di atas mungkin ada banyak persepsi untuk mengenai masalah tersebut. Bagaimanakah dengan Anda ? Percaya atau tidak ? Silahkan post comment Anda.




Apakah manfaat Tidur Siang ?

Tidur siang membuat orang mampu memecahkan masalah soal dengan kreatif. Begitulah hasil penelitian terbaru di universitas yang berada di California ,AS, di mana 80 orang responden ikut terlibat di dalamnya. Para responden diuji tingkat kreativitasnya pada pagi dan siang hari. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diperbolehkan tidur sebentar setelah setiap dua putaran dan para peneliti mempelajari pola tidur mereka. Sedangkan kelompok yang lain boleh berisitirahat, tapi dilarang tidur. 

Hasilnya, kelompok pertama yang tidur siang di antara putaran satu ke putaran berikutnya berprestasi lebih baik. Mereka yang tidurnya nyenyak samapi ke taraf REM (Rapid Eyes Movement) berprestasi 40 persen lebih tinggi daripada prestasi mereka di pagi hari. Sementara, kelompok yang tidak tidur prestasinya hampir sama dengan sebelumnya. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam majalah Proceeding of the National Academy Science






Siapakah penemu mesin cetak pertama ?

 



Sebelum pertengahan abad ke-15, peredaran buku di Eropa sangatlah jarang dan mahal. Setiap buku disalin dan hanya tangan yang pengerjaannya sangat sulit. Di Cina, orang mengukir potongan kayu dengan kata-kata dan gambar, menggosok potongan itu dengan tinta, lalu menekannya ke atas kertas. Namun cara ini pun sangat lambat. Lalu seorang perajin perak, Johannes Guttenberg, menemukan mesin cetak pertama yang menggunakan tip yang dapat dipindah-pindah. Guttenberg membuat tip tuangan dari campuran timbel, timah, dan anti monium untuk setiap huruf dan abjad. Seteleh terbentuk, tip-tip dapat disusun untuk membentuk kata-kata yang selanjutnya ditata menjadi satu halaman naskah. Menekankan selembar kertas pada tip yang bersaput tinta akan menghasilkan halaman cetak. Satu tatanan tip dapat digunakan untuk membuat 100 halaman cetak sebelum tip itu disusun ulang untuk halaman lain, hingga seluruh buku dicetak. Cepatnya metode Gutenberg berarti bahwa sejak saat itu buku-buku dapat dicetak dengan mudah sampai ratusan eksemplar. Pada akhirnya, pengetahuan berita, dan opini dengan cepat menyebar ke seluruh Eropa. 




Selasa, 21 Juni 2011

Apa bedanya Manusia dengan Komputer ?

Kalau dari jawaban yang klasik, pasti ada yang menjawab kalo bedanya itu manusia punya hati nurani sedangkan komputer tidak. Ya itu bisa diterima , tapi kawan ada jawaban yang lebih analitis lho ..

Waktu itu ahli matematika Inggris abad ke-19 William Shanks menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghitung nilai phi hingga angka yang ke-707 di belakang koma. Komputer dapat melakukan penghitungan yang sama dalam waktu kurang dari satu detik. Dalam hal kecepatan dan ketepatan penghitungan, komputer jauh lebih unggul daripada manusia. Komputer juga dapat dengan cepat menyimpan dan mengambil kembali informasi yang jumlahnya akan melumpuhkan ingan manusia...wow. Namun, komputer itu terbatas daalm kemampuan menganalisis dan memahami informasi, sedangkan manusia dapat mengenali pola dan dapat membedakan informasi yang relevan dan tidak relevan. Manusia terutama baik sekali dalam belajar dari pengalaman. Seandainya harus menganalisis sebuah peta untuk menemukan rute dari titik A ke B, komputer akan menggambarkan semua macam rute yang mungkin, tanpa mempedulikan kepraktisan rute-rute  itu. Manusia hanya menggunakan pengalaman  yang relevan, contoh ketika terjadi macet di jalan, manusia mampu menemukan solusi yang lebih cepat manakah rute yang terbaik untuk keluar. Sedangkan komputer tidak memiliki kemampuan untuk menangkap situasi dan mengambil keputusan dari pengalaman. Komputer juga tidak memiliki ciri manusia yang paling penting dan mendasar yaitu IMAJINASI.....

Bagaimana komputer berpikir
Komputer menjalankan penghitungan data yang cepat menurut instruksi di dalam programnya. Untuk soal tertentu, misalnya teka-teki silang dan labirin, komputer dengan cepat dapat menyortir semua pemecahan yang mungkin dan menemukan pemecahan yang paling baik jauh lebih cepat daripada manusia.

Bagaimana manusia berpikir

Proses manusia berpikir jauh lebih luwes daripada rangkaian penalaran terprogram pada sebuah komputer. Seluruh pengetahuan seseorang dapat dihimpun untuk memecahkan satu kesulitan. Manusia juga dapat menggunakan pengalamannya untuk memecahkan masalah.

Kecerdasan Buatan

Akhir-akhir ini telah ditemukan ide baru mengenai perkembangan kerja komputer yaitu sistem kecerdasan buatan atau bahasa kerennya Artificial Intelligent (AI) . AI bertujuan untuk melengkapi komputer dengan ciri-ciri pikiran manusia, misalnya kemampuan menyimpulkan pemecehan suatu masalah berdasarkan pengalaman masa lalu. Komputer yang dilengkapi AI , informasi yang masuk diubah jadi pengetahuan.

OK Sekian dulu Semoga Bermanfaat ^^
Bagi yang mau comment silahkan post di sini ya , terima kasih. 





7 Ways to Being Creative

Dalam artikel saya tidak memposting tentnag sains, tapi ane mau berbagi tips buat kalian semua, ^^ . Langsung to the point . Oke.
Berikut ane berikan tips buat kreatif, atau buat bahasa yang lebih keren "7 Ways to Being Creative" , yaitu :

1. Be Yourself
    Setiap individu pasti memiliki keunikan masing-masing cari tahu keunikanmu dan kembangkan.   Dan yang tahu kamu unik, tentu saja kamu sendiri !

2. Start Your Creative Habit
Caranya dari hal-hal yang kecil dalam keseharian kita. Jika biasanya kita menulis dengan tangan kanan coba untuk menukarnya dengan tangan kiri. Agenda yang biasa ditulis tentang "What to do!" ditorehkan juga sebagai diary atau kumpulan puisi. Atau tulis hal-hal yang kamu suka maupun kegundahanmu, lalu pindahkan ke blogmu.

3. Break Your Routine
Coba ubah rutinitas yang biasa kamu lakukan, misalnya makan mulai dari dessert bukan appetizer. Atau coba sukailah hal-hal yang sebelumnya tidak kamu sukail Hal ini juga bisa memberikan inspirasi lho!

4. Read More
Banyak membaca buku, koran, majalah, tabloid, blog, yang berisikan informasi umum maupaun hal-hal yang kamu suka. Membaca memberikan wacana yang luas. Coba catat poin-poin penting yang unik dan menarik dari buku yang telah kamu baca, supaya ide atau inspirasinya tidak hilang begitu saja !

5. Look Around
Jika sebelumnya kamu tak begitu peduli dengan lingkungan sekitar (teman, keluarga, saudara nan jauh disana ...), cobalah untuk melihat lebih dekat dan mendengar apa yang mereka sampaikan padamu. Bukan tak mungkin, inspirasi bisa datang dari mereka. 

6. Percaya Diri
Mostly ! Kepercayaan dirilah yang menjadikan dirimu berhasil! sebab dengan melangkah penuh keyakinan , maka bukan tidak mungkin kesuksesan akan menhamprimu.

7. Try Again and Again !
Pernah mengalami kegagalan ! Jangan menyerah, cobalah memulainya lagi dengan eksperimen terbaru. 

Oke itu aja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat ^^ 
Bagi yang mau comment ,jangan sungkan2 untuk post ya ..

Senin, 20 Juni 2011

Gambar dalam Komputer

Dalam kegiatan kita menggunakan komputer, pasti kita tidak lepas dari yang namanya gambar dalam komputer. Maksudnya di sini adalah gambar yang bisa kita lihat dalam komputer sehari-hari seperti desktop, icon, clipart, dll.

Komputer yang pertama kali menghasilkan gambar yang sederhana dan tidak realistis. Tapi kini komputer dapat menghasilkan gambar yang tentu tidak dapat dibedakan dengan foto. Banyak efek khusus yang paling menakjubkan dalam film-film animasi yang merupakan hasil dari komputer. Bahkan komputer pribadi PC dapat menciptakan gambar yang kompleks. Banyak layar dalam PC dapat meragakan 256.000 unsur gambar / pixel, dengan 640 pixel diatur secara horizontal dan 400 secara vertikal. Jika tiap pixel berisi memori satu bit, satu pixel dapat meragakan salah satu dari dua warna-warna terang atau nyala, atau tidak ada warna sekalilpun. Jika tiap pixel berisi 8 bit, tiap bit dapat menentukan satu tingkat keredupan warna dan pixel itu dapat meragakan salah satu dari 256 macam warna yang berbeda-beda. Karena kecepatan pemrosesan komputer meningkat, PC dapat juga meragakan gambar komputer yang beranimasi.

Kini tingkat kedetailan gambar sudah lebih maju berkat penggunaan fraktal, suatu cabang matematika yang membahas bentuk. Komputer umumnya terbatas pada membuat bentuk geometri yang teratur, tetapi dengan fraktal dapat diciptakan deskripsi matematis bentuk-bentuk yang tidak teratur seperti daun, awan , dll. Kemamapuan grafis baru-baru ini dapat diterapkan di dunia seni maupun bidang teknologi dan  ilmu. Dengan komputer, seniman telah menciptakan gamabar tentang dunia nyata yang secara estetika cukup indah.

Sekilas tentang Software

 Ada orang yang mengatakan, " Komputer dapat melakukan segalanya". Sebetulnya, komputer tidak dapat melakukan apapun tanpa ada perintah dari manusia agar dikerjakan. Komputer hanyalah sebuah mesin yang menjalankan instruksi yang diberikan manusia. Instruksi yang "mengatakan" kepada komputer agar menjalankan suatu tugas khusus disebut program. Secara keseluruhan, program dan disket tempat program itu disimpan disebut perangkat lunak atau software. Sedangkan komponen fisik komputer disebut hardware. Perkangkat keras sendiri juga tidak dapat melakukan tugas apapun. Dia dapat bekerja jika digabungkan dengan perangkat lunak.

Kemampuan komputer itu hanya dibatasi oleh keterampilan, kecerdikan , dan imajinasi orang yang merancang dan menulis perangkat lunaknya. Setiap ada masalah, harus terlebih dahulu dipecahkan menjadi bentuk algoritma. Algoritma kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa komputer, misalnya FORTRAN, COBOL, atau BASIC. Bahasa ini berfungsi sebagai jembatan antara angka 0 dan 1 dalam digit biner atau bit yang dapat dimengerti komputer dan bahasa rumit yang digunakan manusia. 
Sekian dulu semoga bermanfaat :)

Siapakah perancang komputer pertama ?

Pada Abad ke-19 , jauh sebelum tibanya abad elektronik, Charles Babbage, seorang berkebangsaan Inggris, sudah begitu dekat dengan penemuan fungsi-fungsi komputer sehingga sekarang ia dikenal sebagai bapak komputer. Wow !
 
Mesin pertama yang dibangun menurut Babbage, yaitu Mesin Selisih, dijalankan dengan tenaga uap. Mesin itu menghitung daftar logaritma dengan metode selisih tetap dan mencatat hasilnya pada sehelai logam. Model yang dihasilkannya pada tahun 1822 berupa sebuah kalkulator 6 digit yang mampu mempersiapkan dan mencetak tabel-tabel angka. Pada tahun 1833, Babbage mengumumkan rencana untuk membuat sebuah mesin yang lebih kuat dan multifungsi, yaitu Mesin Analisis. Ia merancang suatu simpanan berisi 100 unit yang masing-masing terdiri atas 40 digit. Sebuah mesin yang terdiri atas gigi-gigi dan roda akan secara otomatis mengerjakan bilangan-bilangannya. Serorang operator akan memberi instruksi pada mesin itu atau, dalam istilah modern, akan memrogam mesin itu dengan melubangi sebagian kartu.
Gagasan kartu berlubang yang dia temukan ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Josep-Marie Jacquard, tukang tenun asal Perancis, telah merancang kartu ini untuk mesin tenun otomatisnya. Jackquard memperhalus teknologi tersebut sehingga untuk menenun sebuah pola sutra yang rumit diperlukan perintah yang ditusukkan pada 10.000 kartu. Babbage mengembangkan rancangan mendetail dan  memperbaiki teknik pembuatannya untuk memperlihatkan bahwa Mesin Analisis dapat dibangun. Tetapi sayangnya, ia kekurangan uang dan sumber daya untuk mewujudkan rencananya. Meskipun ia belum berhasil merampungkan Mesin Analisis. Babbage telah mencetuskan asas dasar komputer modern. Sangat Menakjubkan bukan ! :)


Minggu, 19 Juni 2011

Siapa sih penemu kalkulator pertama ?

Penemuan kalkulator pertama dimulai pada abad ke- 17 di mana pada waktu itu semangat para intelektual mendorong para ahli matematika untuk meringankan nasib para pekerja keras yang tiada henti bekerja dengan menghitung angka. Pada tahun 1614, John Napier, seorang ahli Teologi dan ahli matematika Skotlandia, menemukan logaritma dan mengubah soal perkalilan yang rumit menjadi penjumlahan yang sederhana. Dengan menuliskan tabel perkalian pada deretan batang, ia berhasil membuat perkalian dalam jumlah besar menjadi lebih mudah. Beberapa tahun kemudian logaritma Napier digunakan pada mistar hitung, dan hal itu metode batang yang telah dibuat ketinggalan zaman.

Pada tahun 1642 di Perancis, Blaise Pascal, anak seorang pegawai pajak yang berusia 19 tahun, melakukan percobaan dengan mesin jumlah mekanis untuk membantu pekerjaan ayahnya. Ia merancang sebuah mesin hitung bilangan besar yang dijalankan dengan roda-roda gigi yang saling berkait. Penemuan Pascal itu sering disebut dengan Pascalin, terkenal dengan mesin jumlah pertama. Namun, kalkulator pertama yang sebenarnya dibuat oleh seorang profesor Jerman bernama Wilhelm Schickard pada tahun 1623. Dan ada juga orang Jerman yang lain, dia adalah seorang diplomat dan ahli matematika, Baron Gottfried. Pada tahun 1673 dia mengganti kalkulator penemuan Pascal itu dengan kalkulator yang lebih simpel dan mudah digunakan.

Bagaimanakah Matematika pada Zaman Kuno ?

Sejarah matematika mulai ketika orang harus mencatat jumlah yang lebih besar daripada satu. Suku-suku nomaden kuno menghitung dan mencatat sekumpulan ternak meskipun mereka memiliki sistem bilangan tertulis. Untuk menghitung, mereka memungut kerikil atau biji dan memasukkannya ke dalam kantong. Untuk bilangan besar, mereka menggunakan jari untuk melambangkan bilangan 10 dan 20. Mereka mengembangkan konsep bilangan sebagai lambang yang terpisah dari benda yang dihitung.

Sewaktu pencatatan dan penghitungan menjadi lebih rumit, orang menemukan alat untuk membantu proses itu. Abakus adalah salah satu alat yang paling awal. Asal mula abakus tidak diketahui dengan pasti, kemungkinan alat ini berasal dari Babilonia. Alat ini sudah dikenal sejak zaman Yunani dan Romawi kuno. Asal mula bentuk abakus hanya berupa sebuah permukaan pasir, sabak lilin, atau batu lebar dengan tanda yang menunjukkan latak bilangan dan kerikil yang digunakan sebagai penghitung. Orang Romawi menyebut kerikil tersebut dengna Calculus, dari situlah asal mula kata kalkulasi yang biasa kita kenal.

Pada awal Abad Pertengahan, swipoa dari Timur muncul di Timur Tengah. Alat ini berupa kerangka kotak dengan biji-biji pada sejumlah batang. Swipoa atau abakus sekarang masih digunakan secara luas hingga Asia dan Timur Tengah.


Sabtu, 18 Juni 2011

Sejarah Komputer

Sejak zaman kuno, manusia telah menggunakan bilangan. Bahkan suku-suku paling primitif telah melakukan penghitungan rumit yang diperlukan untuk pertanian, perniagaan, dan navigasi. Alat untuk mempermudah penghitungan tersebut dimulai dari batu penghitung zaman prasejarah dan meningkat maju dengan abakus (swipoa)

Baru pada Abad ke-17 para tukang patri Jerman dan Prancis menemukan alat yang lebih baik, yaitu mesin jumlah pertama yang bekerja dengan gerigi dan roda-roda saling terkait. Pada Abad ke-19, Charles Babbage dari Inggris merancang sebuah mesin bertenaga uap yang dapat menghitung akar pangkat 2, akar pangkat 3, dan fungsi eksponen lainnya. Meskipun Babbage tidak mengembangkan "Mesin Analisis" ini selain tahap contoh tersebut, dia sudah menerapkan banyak asas seperti yang digunakan dalam komputer modern.

Dengan ditemukannya listrik, muncul juga kalkulator listrik yang berdasarkan kartu berlubang atau relay. Komputer modern yang pertama kali bukanlah karya satu orang, melainkan hasil percobaan tahun 1930-an dan 1940-an di Inggris, AS, dan Jerman. Komputer awal yang banyak dikenal ialah The Electronic Numerical Integrator and Computer atau ENIAC, yang dibangun tahun 1946 dengan tabung-tabung hampa di Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat.

Dalam 50 tahun terakhir, terjadi  kemajuan yang sebelumnya tidak pernah dibayangkan, komputer sekarang ini telah menjelma sebagai alat informasi yang canggih dan semakin berkembang.