Senin, 10 September 2012

Bahasa Apakah yang digunakan Komputer ?

kjlnklll;m



Pada tahap yang paling dasar, komputer tidak dapat memahami bahasa apapun selain digit-digit biner angka 0 dan 1. Dalam bahasa mesin ini, segala sesuatunya diungkapkan dalam istilah yang paling sederhana yaitu 0 atau 1, menyala atau padam, ya atau tidak. Tapi hal  tersebut akan sulit bagi kita kalau harus menyatakan segala sesuatunya hanya dengan cara ini. Oleh karena itu,  semua program komputer ditulis dalam salah satu dari beberapa bahasa pemrogaman yang baku. Komputer menerjemahkan instruksi yang dikodekan dalam bahasa pemrogaman menjadi bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer.

Saat ini, banyak jenis bahasa pemrogaman yang telah dikembangkan. Bahasa tersebut antara lain disebut dengan bahasa assembly, yang mudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin. Ada bahasa pemrogaman yang lebih rumit yang disebut bahasa complier. Dalam bahasa ini sebuah kata dapat berarti keseluruhan kelompok instruksi dalam bahasa mesin. Salah satu seni pemrogaman  adalah terletak dalam pemilihan bahasa tingkat tinggi atau bahasa yang kurang lebih mendekati bahasa manusia. Bahasa tingkat tinggi saat ini telah dikembangkan untuk aplikasi khusus, misalnya penghitungan teknik, permainan gambar, dan sistem kecerdasan buatan.

Bahasa Pemrograman

Bahasa ini mempermudah orang untuk memberikan instruksi ke komputer. Bahasa Program juga memungkinkan program yang sama digunakan pada berbagai jenis mesin. Tiga bahasa pemrograman yang lazim saat ini ialah BASIC, yang dikembangkan untuk pengajaran; COBOL, sering digunakan dalam pemrosesan bisnis, dan FORTRAN, dirancang khusus untuk penghitungan yang menyangkut ilmu pengetehuan dan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan post Komentarnya ya ^^