Selasa, 21 Juni 2011

Apa bedanya Manusia dengan Komputer ?

Kalau dari jawaban yang klasik, pasti ada yang menjawab kalo bedanya itu manusia punya hati nurani sedangkan komputer tidak. Ya itu bisa diterima , tapi kawan ada jawaban yang lebih analitis lho ..

Waktu itu ahli matematika Inggris abad ke-19 William Shanks menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghitung nilai phi hingga angka yang ke-707 di belakang koma. Komputer dapat melakukan penghitungan yang sama dalam waktu kurang dari satu detik. Dalam hal kecepatan dan ketepatan penghitungan, komputer jauh lebih unggul daripada manusia. Komputer juga dapat dengan cepat menyimpan dan mengambil kembali informasi yang jumlahnya akan melumpuhkan ingan manusia...wow. Namun, komputer itu terbatas daalm kemampuan menganalisis dan memahami informasi, sedangkan manusia dapat mengenali pola dan dapat membedakan informasi yang relevan dan tidak relevan. Manusia terutama baik sekali dalam belajar dari pengalaman. Seandainya harus menganalisis sebuah peta untuk menemukan rute dari titik A ke B, komputer akan menggambarkan semua macam rute yang mungkin, tanpa mempedulikan kepraktisan rute-rute  itu. Manusia hanya menggunakan pengalaman  yang relevan, contoh ketika terjadi macet di jalan, manusia mampu menemukan solusi yang lebih cepat manakah rute yang terbaik untuk keluar. Sedangkan komputer tidak memiliki kemampuan untuk menangkap situasi dan mengambil keputusan dari pengalaman. Komputer juga tidak memiliki ciri manusia yang paling penting dan mendasar yaitu IMAJINASI.....

Bagaimana komputer berpikir
Komputer menjalankan penghitungan data yang cepat menurut instruksi di dalam programnya. Untuk soal tertentu, misalnya teka-teki silang dan labirin, komputer dengan cepat dapat menyortir semua pemecahan yang mungkin dan menemukan pemecahan yang paling baik jauh lebih cepat daripada manusia.

Bagaimana manusia berpikir

Proses manusia berpikir jauh lebih luwes daripada rangkaian penalaran terprogram pada sebuah komputer. Seluruh pengetahuan seseorang dapat dihimpun untuk memecahkan satu kesulitan. Manusia juga dapat menggunakan pengalamannya untuk memecahkan masalah.

Kecerdasan Buatan

Akhir-akhir ini telah ditemukan ide baru mengenai perkembangan kerja komputer yaitu sistem kecerdasan buatan atau bahasa kerennya Artificial Intelligent (AI) . AI bertujuan untuk melengkapi komputer dengan ciri-ciri pikiran manusia, misalnya kemampuan menyimpulkan pemecehan suatu masalah berdasarkan pengalaman masa lalu. Komputer yang dilengkapi AI , informasi yang masuk diubah jadi pengetahuan.

OK Sekian dulu Semoga Bermanfaat ^^
Bagi yang mau comment silahkan post di sini ya , terima kasih. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan post Komentarnya ya ^^