Senin, 20 Juni 2011

Siapakah perancang komputer pertama ?

Pada Abad ke-19 , jauh sebelum tibanya abad elektronik, Charles Babbage, seorang berkebangsaan Inggris, sudah begitu dekat dengan penemuan fungsi-fungsi komputer sehingga sekarang ia dikenal sebagai bapak komputer. Wow !
 
Mesin pertama yang dibangun menurut Babbage, yaitu Mesin Selisih, dijalankan dengan tenaga uap. Mesin itu menghitung daftar logaritma dengan metode selisih tetap dan mencatat hasilnya pada sehelai logam. Model yang dihasilkannya pada tahun 1822 berupa sebuah kalkulator 6 digit yang mampu mempersiapkan dan mencetak tabel-tabel angka. Pada tahun 1833, Babbage mengumumkan rencana untuk membuat sebuah mesin yang lebih kuat dan multifungsi, yaitu Mesin Analisis. Ia merancang suatu simpanan berisi 100 unit yang masing-masing terdiri atas 40 digit. Sebuah mesin yang terdiri atas gigi-gigi dan roda akan secara otomatis mengerjakan bilangan-bilangannya. Serorang operator akan memberi instruksi pada mesin itu atau, dalam istilah modern, akan memrogam mesin itu dengan melubangi sebagian kartu.
Gagasan kartu berlubang yang dia temukan ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Josep-Marie Jacquard, tukang tenun asal Perancis, telah merancang kartu ini untuk mesin tenun otomatisnya. Jackquard memperhalus teknologi tersebut sehingga untuk menenun sebuah pola sutra yang rumit diperlukan perintah yang ditusukkan pada 10.000 kartu. Babbage mengembangkan rancangan mendetail dan  memperbaiki teknik pembuatannya untuk memperlihatkan bahwa Mesin Analisis dapat dibangun. Tetapi sayangnya, ia kekurangan uang dan sumber daya untuk mewujudkan rencananya. Meskipun ia belum berhasil merampungkan Mesin Analisis. Babbage telah mencetuskan asas dasar komputer modern. Sangat Menakjubkan bukan ! :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan post Komentarnya ya ^^